Jumat, 20 November 2009

Perkembangan dan sejarah Intelegensi buatan

INTELEGENSI BUATAN

Perkembangan dan sejarah Intelegensi buatan

Mulai sekitar abad 18 sebagaimana mesin telah menjadi komplek. Usaha yang keras telah mencoba untuk menciptakan manusia imitasi. Pada tahun 1736 seorang penemu dari perancis. Jacques de Vaucanson(1709-1782) membuat suatu mesin pemain suling berukuran seperti seorang manusia yang dapat memainkan 12 melodi nada. Tidak hanya ini saja, mekanik tersebut dapat memindahkan bibir dan lidahnya secara nyata untuk mengontrol arus dari angina ke dalam seruling.

Pada tahun 1774 seorang penemu dari prancis, Pierre Jacquet-Droz. Mencengangkan masyarakat eropa dengan suatu automation berukuran sekitar seorang anak laki-laki yang dapat duduk dan menulis suatu buku catatan. Penemuan ini kemudian dilanjutkan dengan yang lainya. Yaitu automation yang berupa seorang gadis manis yang dapat memainkan harpsichord.

Semuanya itu masih merupakan proses mekanik yang melakukan gerak dengan telah ditentukan terlebih dahulu. Manusia mesin berusaha untuk menciptakan mesin yang lainya. Pada tahun 1769, daratan eropa dikejutkan dengan suatu permainan catur yang dapat menjawab langkah-langkah, permainan catur yang belum ditentukan terlebih dahulu. Mesin ini disebut dengan Melzel Chess Automation dan dibuat oleh Wolfgang Von Kempelan (1734-1804) dari Hungaria. Maelzel Chess Automation hamper memenangkan semua permainan catur selama tour di seluruh daratan eropa yang dilanjutkan ke Amerika Serikat. Mesin ini akhirnya terbakar pada tahun 1854 di Philadelphia Amerika Serikat. Banyak orang yang tidak percaya bahwa mesin tersebut benar-benar dapat melakukan fungsi seperti itu. Penulis dari amerika Seriakt Edgar Allan Poe (1809-1849) menulis sanggahan terhadap mesin tersebut. Rdgar Allan Poe dan kawan-kawan yang meragukan mesin tersebut ternyata memang benar bahwa mesin tersebut adalah tipuan. Kenyatanya mesin tersebut tidaklah benar-benar automation, tetapi merupakan kontruksi yang sangat baik yang dikontrol oleh seorang pemain catur handal yang besembunyi di dalamnya.

Sekitar 25 tahun setelah mesin Meaelzel Ches Automation terbakar, seorang ahli sulap inggris, John Nevil Maskeklyne (1839-1917 mendemostrasikan alat yang disebutdengan Psyco. Alat permainan kartu ini lagi-lagi juga tipuan.

Akan tetapi usaha untuk membuat kontruksi mesin permaianan masih dilanjutkan pada tahun 1914 mesin demikian pertama kali didemonstrasikan. Yaitu mesin permaianan catur. Penemu dari mesin ini adalah Leonardo Torres Y Quevedo, direktur dari laboratorium de Automation di madrrid, spanyol. Mesin ini dapat memainkan catur samapai selesai, beberapa tahun kemudian, ide mesin permainan catur dikembangkan dan diterapkan di computer oleh Artut L. Samual dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut oleh Claude Shannon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar