Minggu, 07 Maret 2010

CARA MENGUASAI KOMPUTER

Ada 3 tahapan seseorang dapat mengasai dan menggunakan komputer dengan baik dan berhasil.


1. Membaca Buku-buku Komputer

Membaca adalah cara yang terbaik supaya anda dapat meningkatkan pengetahuan dan memahami dunia komputer. Anda dapat membaca buku-buku teks tentang komputer. buku-buku tersebut akan memberikan pengetahuan kepada anda tentang perkembangan komputer, pengertian tentang komputerisasi dan bagaimana komputer digunakan di suatu organisasi atau digunakan secara peribadi. buku buku pilihan di cantum kan pada tiap-tiap akhir bab.

Juga bacalah majalah-majalah komputer, Bidang komputer adalah bidang yang cepat berkembang. karena majalah sifatnya adalah berkala dibandingkan buku bacaan , kadang-kadang majalah lebih banyak mengetengahkan topik-topik baru yang sedang hangat dan dapat dijadikan sumber pengetahuan tentang perkembangan komputer. Disamping itu sebagai pelengkap. Mungkin anda membutuhkan sebuah kamus khusus tentang istilah-istilah komputer. kadang-kadang istilah-istilah komputer tidak dapat anda temui di kamus biasa, istilah-istilah komputer banyak yang merupakan kata-kata khusus yang dipergunakan untuk membuat komunikasi antara ahli-ahli komputer supaya lebih efektip. kalau anda mendengar istilah-istlah komputer terasa asing. Janganlah takut untuk menanyakan artinya atau dapat anda cari di kamus komputer anda, istlah-istlah yang dibentuk dari singkatan-singkatan yang tidak terdapat di kamus biasa tetapi dapat ditemukan di kamus komputer. istilah ini dikenal dengan nama Acronym.

Suatu acronym adalah kata yang di bentuk dari huruf-huruf atau bunyi pertama untuk masing-masing kata dari kalimat yang dirangkai dengan memakai huruf kapital. misalkan ASCII baca asli) adalah singkatan dari American Standard Code cInformation Interchange Dan BASIC adalh singkatan dari Beginers All-purpose Symbolic Interuction Code serta COBOL adalah singaktan dari Common Busines Oriented Language dan masih banyak yang lainya.

Istilah -istilah teknik banyak dipergunakan oleh para ahli, juga baiasanya sulit untuk dimengerti oleh orang awam dan juga jarang terdapat di kamus biasa. Istilah tersebut terkenal dengan nama jargon, Contoh jargon adalah istilah Log-on, yang berarti sutu terminal yang dihubungkan dengan suatu komputer bersiap untuk digunakan. contoh lain jargon adalah istilah Warm-hoot yang mempunyai arti menagambil sistem operasi komputer ke memori tanpa mematikan aliran listrik komputer dan masih banyak istilah jargon yang lain.

2. Mencoba Langsung pada suatu komputer

Dengan mencoba langsung pada suatu komputrer, anda akan mempunyai pengalaman dan lehh tahu tentang apakah komputer itu sesungguhnya pada mulanya anda dapat memulai menggunakanya program-program paket yang mudah digunakan. seperti misalkan paket permainan (game) atau dapat menggunakan paket pengolahan kata(word processing) untuk menulis surat cinta atau paket lainya yang dapat membangkitkan minat anda untuk mempelajari komputer lebih lanjut.

Di dalam mencoba langsung suatu paket, anda dapat dibantu oleh suatu program tutorial. Program ini tersimpan di disk yang berguna untuk membimbing anda didalam mengoperasikan program paket bersangkutan dan biasanya disertai dengan suatu buku manual. Dalam waktu singkat satu atau dua hari anda akan mahir menggunakanya.


3. Menulis dan program komputer

Setelah anda membaca buku-buku tentang komputer dan telah mencobanya langsung sehingga sudah terbiasa dengan komputer, maka anda akan lebih tertarik ke tingkat yang lebih tinggi. yaitu ingin menulis program aplikasi sendiri. Menulis suatu program berarti menciptakan suatu kumpulan perintah yang dapat dimengerti dan diikuti oleh komputer. Supaya komputer dapat dimengerti maksud perintah anda. biasanya anda menulis suatu program dengan suatu bahasa pemprograman tertentu. misalkan BASIC, COBOL, FORTRAN, PASCAL dan lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar