Jumat, 05 Maret 2010

SEJARAH ROBOT

Robot adalah suatu mesin yang dapat darahkan untuk mengerjakan bermacam-macam tugas tanpa campur tangan lagi dari manusia. Secara ideal robot diharapkan dapat melihat, mendengar, menganalisa lingkunganya dan dapat melakukan tindakan-tindakan yang terprogram. Dewasa ini robot digunakan untuk maksud-maksud tertentu dan yang paling banyak adalah untuk keperluan industri. Diterapkanya robot untuk industri terutama untuk pekerjaan 3D yaitu Dirry, Dangerous atau Difficult (kotor,berbahaya atau pekerjaan yang sulit). Negara yang banyak menggunakan robot untuk industri adalah Jepang. Amerika Serikat dan Jerman Barat.

Sejarah Robot

Robot berasal dari kata Robota, dari bahasa Chekoslavia yang berarti tenaga kerja. Kata ini digunakan oleh dermawan Karel Capek pada tahun 1920 pada sandiwara fisiknya, yaitu R.U.R (Roussum"s Universal Robots). Di dalam sandiwara ini seorang tokoh ilmu pengetahuan yang entrik bernama Rossum menciptakan bahan tiruan daging dan tulang secara proses biologi dan elektronik. Dia menciptakan bahan ini untuk mewujudkan impianya membuiat bentuk kehidupan buatan. Eksperimen Rossum ini gagal. Keponakanya seorang ahli teknik yang berpikiran modern memutuskan untuk seuatu yang lebih praktis dari eksperimen pamanya. Keponakan ini mempersiapkan pengembangan mesin pekerja yang sempurna. Mengambil manusia sebagai modelnya, dia mulai merancang bentuknya dengan tidak memasukkan hati, jantung, emosi dan nyawa, untuk rancanganya. Keponakan Rossum sukses di dalam eksperimenya dan robot nya mulai dijual ke seluruh dunia. Secara kebetulan robot ini dibeli oleh negara- negara yang sedang berperang dan dipergunakan sebagai prajurit yang tidak mempunyai jiwa. Robot ini di dalam peperangan sangatlah brutal dan efektif, mengancurkan apa saja setiap yang hidup yang ditemuinya, baik itu prajurit mausuh maupun penduduk yang tidak berdaya. menyadari hal ini, pabrik robot akan ditutup. Akan tetapi hal ini mengalami banyak pertentangan. Menutup perusahaan robot akan menyebabkan banyak pekerja yang di keluarkan. salah satu ahli ilmu pengetahuan biologi mengusulakn untuk meneruskan produksi robot tetapi dengan formula yang dirubah, dengan harapan efek dari robot akan nberubah . Suatu saat pasukan robot mengadakan pemberontakan. Mereka merasa bahwa manusia merupakan majikan yang tidak tepat lagi tidak berguna dan banyak kekuranganya. Akhir dari manusia telah dekat dan akan terjadi pembunuhan manusia dan robot akan menguasai dunia. Akan tetapi robot tidak daopat menghasilkan keturunan. Robot harus dapat mengusai pabrik robot supaya ,mereka dapat meneruskan keturunan nya. Manusia terakhir yang masih hidup yaitu yang berada di pabrik robot menolak untuk menyerahkan formula rahasia untuk memproduksi robot-robot yang dapat mempunyai keturunan. Robot berkata bila mereka mau menyerahkna formula tersebut. akan membiarkan mereka hidup. Beberapa setuju dan beberapa memilih mati. Pada titik ini , di panggung sandiwara muncul dua buah robot yang merupakan peroduksi terakhir dengan formula yang khusus . Robot tersebut diberi nama Primus Dan Helena yang merupakan sepasang robot yang dapat dapat melahirkan keturunan dan kedua robot ini saling jatuh cinta. Sedang formula untuk mengasilkan robot ini telah musnah, sehingga ronbot-robot pemberontak mati dengan tidak mempunyai keturunan, tetapi robot-robot pemberontak tersebut berhasil memusnahkan semua manusia. Di bumi akan terbentuk makhluk -makhluk baru keturunan dari Helena dan Primus. Akhir dari sandiwara ini ditutup dengan pembacaan dari kitab kejadian di Bibble yang menggambarkan Adam dan Hawa bergandengan tangan.

Cerita ini menggambarkan baik harapan dan ketakutan terhadap robot. Harapan dari robot adalah dapat menggantikan kerja manusia dengan efektif dan ketakutan terhadap robot bila nanti menguasai manusia penciptanaya. berhubungan dengan hal ini . di dalam fiksi ilmu pengetahuan, suatu cerita oleh IsaacAsimov berjudul ?. Robot (Saya. Robot) mengetengahkan tiga hukum tentang robot, yaitu :

1. Suatu robot tidak boleh melukai manusia atau tidak boleh menyebabkan manusia berada dalam posisi bahaya
2. Suatu robot harus menurut pada perintah yang diberikan oleh manusia. kecuali perintah tersebut bertentangan denagn hukum yang pertama
3. Suatu robot harus dapat melindungi keberadaannya sendiri sejauh mana tidak bertentangan denga hukum pertama dan kedua.

Robot modern pertma kali dikembangkan oleh Joseph Engelberger dan George Devoe yang kemudian menduirikan perusahaan Unimation company merupakan perusahaan yang memproduksi robot pertamakali . Walaupun perusahaan Unimation ini telah menjual robotnya ke beberapa perusahaan, termasuk yang terbanyak adalah General Motors, Robot tidak menjadikan perusahaan yang benar dalam industrialisasi sampai Jepang menggunakanya secara intensip di dalam industri permobilan Sejak saat itu baru pengaruh robot terasa sekali dalam industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar