Kamis, 04 Maret 2010

PENULIS PERANGKAT LUNAK YANG PERTAMA

Ada Augusta (1815-1853), anak perempuan dari seniman Lord Byron. merupakan orang pertama yang menulis perangkat lunak. diterapkan pada babbuge's Analiytical Engine. Pada masa kecilnya, bakat ayahnya menurun padanya. berbakat pada musik, dapat memainkan alat-alat musik dengan baik, tetapi tampak kejeniusan pada masalah matematika. Pada umur 15 tahun, dia sudah dapat menguasai gonometri. Ada augusta meninggal dan dimakamkan di sebelah ayahnya.

Nama Ada sekarang diabadikan pada nama sebuah bahasa komputer, yaitu Ada pada tahun 1983, Ada merupakan satu-satunya bahsa komputer yang digunakan pada Departemen Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem nstrategi pertahanan.

SISTEM KODE YANG PERTAMA

Bangsa Yunani menggunakan sigal obor untuk mengirimkan berita dari satu kota ke kota yang lain, Untuk masing-masing stasiun didirikan dua buah tembok setinggi 6 fect. Tiap-tiap tembok mempunyai obor. Kombinasi obor yang ada di tembok pertama dengan yang ada di tembok ke dua membentuk suatu huruf Misalkan. dua buah obor dinyalahkan pada tembok pertama dan ketiga buah obor dinyalahkan pada tembok kedua, menunjuk huruf H. Tiap-tiap stasiun mempunyai tabel berbentuk matrik yang terdiri dari 5 baris dan 5 kolom. Tembok disebelah kanan mewakili baris dan matrik dan tembok disebelah kiri mewakili kolom dari matrik. Perpotongan antara baris dan kolom membentuk kode huruf yang dimaksud. Sistem ini disebut dengan Polybius telegraph.

1933 PROGRAM MEKANIK YANG PERTAMA.

Wallace J. Eckert (1902-1971) menggabungkan beberapa mesin akuntansi kartu plong IBM yang berbeda. Untuk menjalankan mesin ini sebagai satu kesatuan, Wallace J. Eckert membuat membuat suatru program mekanik yang mengontrolnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar