Kamis, 04 Maret 2010

PERKEMBANGAN BAHASA PEMPROGRAMAN TINGKAT TINGGI

Memprograman dengan menghubungkan beberapa sirkuit komputer atau membuat dengan bahasa mesin merupakan pekerjaan yang sulit, karena sipembuat program harus mengetahui betul tentang seluk beluk jaringan kerja dari komputer tersebut. Hal ini menjadikan pemikiran untuk menciptakan suatu bahasa pemprograman yang lebih mudah . Bahsa tingkat tinggi (high level language)kemudian diciptakan untuk mengatasi hal tersebut. Pemprograman dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan menulis program dengan bahasa awam ( bahasa inggris sehari-hari dengan aturan yang tertentu) yang kemudian akan diterjemahkan oleh komputer ke dalam bahasa komputer (bahasa mesin).

1957 FORTRAN.

Suatu group di IBM dikuasai oleh John Bakus mulai bekerja pada tahun 1945 untuk mengembangkan bahsa pemprograman tingakat tinggi (high level language) untuk keperluan teknik dan matematika yang diberi nama FORTRAN (Formula Translator) yang merupakan bahasa pemprograman tingkat tuinggi yang pertama.FORTRAN diterapkan pada tahun 1957 di komputer IBM 704 Tahun 1958 FORTRAN II diperkenalkan untuk IBM 704, IBM 709 DAN IBM 650. Tahun 1962 FORTRAN diperkenalkan untuk komputer IBM 7030 FORTRAB IV distandarisasi pada tahun 1966 oleh America Standarts Assciation Committe sampai tahun 1978, suatu komite yang baru yaitu ANSI ( America National Standards Institude) membentuk FORTRAN 77.

1958 LISP

John Mc Carthy menemukan bahasa pemprograman LISP (LISt Processor atau List Programing) yang dibutuhkan oleh peneliti-peneliti artificial intelegenci LISP merupakan bahasa artificial intelegenci yang pertama. Beberapa dialek bahasa LISP telah dikembangkan seperti misalnya MACLISP. INTERLISP, FRANZ LISP, UCI LISP dan ZETALISP.

1958 ALGOL

ALGOL (ALGOritmic Language) dikembangkan pada tahun 1958 untuk memecahkan masalah-masalah secara umum (general pupose) ALGOL mulai diterapkan sebagai bahasa pemprograman sejak tahun 1960 yang populer di eropa, tetapi kurang populer di Amerika Serikat.

1959 COBOL

Pada tahun 1959 sebuah group komite pemakai komputer bertemu di unversity of Pennsylvania untuk memecahkan persoalan program yang standar ( program yang ditulis pada suatu komputer dimungkinkan untuk dijalankan pada komputer model yang berbeda), Hasilnya pada tahun 1960 dibuat suatu bahasa pemprograman tingkat tinggi yang disebut COBOL (Common Business Oriented Language). Salah seorang dari komite adalah Dr. Grace Hooper (lahir tahun 1906) yang menulis language translator atau compiler program ( program penerjemah) untuk bahasa pemprograman tingkat tinggi tersebut Dr. Grace Hooper mendapat penghargaan sebagai orang pertama yang mendapat gelar Computer Scienci Man-of-the Year.


1960 LOGO

Logo merupakan perkembangan dari LISP oleh Seymour Paperrt di massa chusset Instite of tecnology, yang diterapkan pada komputer mainframe. Logo ditunjukkan untuk bidang pendidikan. Sekitar tahun 1980, Logo diterapkan pada komputer mikro.


1961 GPSS

GPSS(General Purpose System Simulator) merupakan bahasa pertama yang berupa bahasa untuk keperluan proses simulasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar